Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cuaca Yang Tidak Bersahabat, F1 Power Boat di Danau Toba Terpaksa Diundur

Sabtu, 25 Februari 2023 | 21.03.00 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-26T05:03:46Z


BALIGE-TURANGNEWS.COM -
Sesi kualifikasi Kejuaraan Dunia Power Boat atau F1H2O yang semula dijadwalkan digelar Sabtu (25/2/2023), terpaksa diundur akibat kawasan Danau Toba dilanda angin kencang.


Data yang dihimpun awak Media turangnews.com, sesi kualifikasi dijadwal ulang menjadi hari Minggu 26 Pebruari 2023  pagi hari atau sebelum lomba berlangsung pada sore harinya.


Sebelum jadwal kualifikasi dinyatakan ditunda, sesi kualifikasi F1 Power Boat Danau Toba dijadwalkan bergulir hari ini pukul 15:00 hingga 16:00 WIB.


Sebanyak dua puluh (20) orang pembalap F1H2O juga telah diturunkan ke perairan Danau Toba dan sempat mengitari lintasan beberapa menit.


Namun angin mulai berhembus kencang dari arah timur laut, sehingga Director Race F1H2O Luis Ribero mengambil keputusan untuk menunda sesi kualifikasi demi keamanan pebalap.


Kemudian, kapal para pembalap kembali diangkat ke permukaan.


Sementara pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, penundaan ini lantaran timbul gelombang di atas ambang batas normal.


BMKG mencatat saat itu arah dan kecepatan angin. Arahnya dari arah timur laut karena posisi Danau Toba ini barat laut jadinya tegak lurus, itu menimbulkan gelombang.


Menjelang sesi kualifikasi, pihak BMKG mencatat tinggi gelombang di perairan Danau Toba mencapai 0,5 m atau 50 cm, atau melebihi aturan dan standar keselamatan.


Faktor lainnya, kecepatan angin mencapai delapan knot, atau melampaui batas normal sejauh lima knot per jam.

Disebutkan, untuk kegiatan balap perahu cepat tidak hanya mengacu kepada persoalan cerah, tetapi juga mencakup arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang dan temperatur.


Sesi latihan yang berlangsung beberapa jam sebelumnya, para peserta juga sempat melakukan sesi latihan bebas pukul : 10 : 00 WIB hingga pukul : 11: 00 WIB.


Dari 20 pebalap yang turun, Jonas Andersson dari Team Sweden menjadi yang tercepat dengan waktu 59,90 detik pada lap ke-14.


Catatan waktu tersebut meningkat dari sebelumnya, saat Andersson kali pertama merasakan perairan Danau Toba yakni dengan waktu 1 menit 09,17 detik.


Juara bertahan Shaun Torrente dari Tim Abu Dhabi membukukan waktu di angka 1 menit 00,12 detik pada lap 20.


Torrente mulai menguasai lintasan sepanjang 2,2km dan bila dibandingkan dengan kemarin dengan catatan waktu 1 menit 11,67 detik.


Posisi ketiga pada latihan bebas ditempati Marit Stromoy dari Tim Stromoy Racing yang melakukan 29 putaran dengan waktu tempuh 1 menit 00,18 detik.


Pembalap wanita satu-satunya itu tampil gemilang, padahal kemarin dia turun dalam sesi latihan bebas ekstra.


Pembalap Stromoy Racing lainnya, Bartek Marszalek, berada di posisi keempat dengan mencatat waktu 1 menit 00,48 detik.


Pembalap Team Dubai, Thani Al Qemzi, berada di posisi ke lima dengan 1 menit 00,63 detik. (Red/Joe)

×
Berita Terbaru Update