Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Personil Poldasu, Kompol Pandu Winata Raih Penghargaan ILEA Day Award 2023 di Washington DC.

Sabtu, 20 Mei 2023 | 03.20.00 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-20T10:20:59Z

Kompol Pandu Winata Saat Menerima Penghargaan dari International Law Enforcement Academy (ILEA), ILEA Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat.



DELI SERDANG-TURANGNEWS.COM -
Bhayangkara Hebat, Polda Sumut beruntung memiliki Kompol Pandu Winata, karena prestasinya Pandu Winata berhasil  menembus dunia dengan prestasinya, dengan mendapat Penghargaan dari International Law Enforcement Academy (ILEA), pada acara ILEA Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat pada tanggal : 24 - 26 April 2023 kemarin.


Bukan hal yang mudah untuk meraih predikat yang Kompol Pandu Winata terima, penuh dengan perjuangan dan cucuran keringat demi tanggungjawabnya kepada negara, dan Alhamdulillah Pandu berhasil menjadi Prajurit andalan untuk  Polda Sumut. Dan atas keberhasilannya mengungkap kasus Tindak Pidana HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual), sehingga Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta  mengirimkan Surat kepada Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Republik Indonesia agar Pandu segera berangkat ke Negeri Paman Sam untuk bergabung dengan utusan Negara lainnya. 


Dan sekembalinya dari Amerika Serikat, saat mendarat di Bandara Kuala Namu, pada hari Sabtu (20/5/2023) sekira pukul : 13.00 WIB, Pandu sempat berbincang-bincang dengan kru turangnews.com dengan mengatakan,  "sebagai personel Polda Sumut saya merasa terhormat karena bisa menjadi alumni ILEA Bangkok dari perwakilan Indonesia, dan meraih predikat yang diakui dari pihak Negara Internasional atas prestasi dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.


Sebelumnya Pandu Winata merupakan  finalis yang telah melalui proses leahy petting yaitu proses pemeriksaan ketat yang dilakukan Pemerintah Amerika Serikat untuk memastikan bahwa finalis tidak terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia dan eksploitasi seksual.


"Saya mewakili Institusi Polri Khususnya Direktorat Krimsus Polda Sumut mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak atas bimbingan dan arahanya, sehingga saya berhasil mendapatkan penghargaan ini, dan dari Prestasi yang mendapat pengakuan Internasional ini, semoga kami semakin semangat untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sumatera Utara", ujarnya. 


Pandu yang dikenal ulet dan pekerja keras ini ternyata satu-satunya Polisi dari Polda Sumut yang dipanggil oleh ILEA Amerika Serikat. Torehan prestasi atas kinerjanya membawa namanya dan nama Polda Sumut tercatat di ILEA Amerika Serikat. Tentunya, pelatihan internasional ini menjadi pembeda Pandu yang mempunyai kajian lebih di atas rata-rata. Ilmu yang didapatnya dari ILEA semoga menjadi suplemen tambahan bagi Polri. 


Mengakhiri keterangnya, Pandu mengatakan, "Semoga Ilmu yang saya peroleh dapat berguna bagi Institusi Polri dalam aplikasi pelaksanaan tugas dan kajian ilmiah Polri. Ini belum selesai, saya masih terus mengejar prestasi di dalam karir, Terimakasih", pungkasnya.

 

Diketahui, ILEA merupakan Akademi Pelatihan Internasional yang bertujuan untuk membangun kapasitas mitra peradilan pidana asing dan memperkuat kemitraan peradilan pidana di seluruh dunia. Penghargaan ILEA Day Award diberikan kepada alumni yang telah mencapai tujuan program dengan baik.


Acara penghargaan ini dihadiri oleh finalis dari berbagai negara yang terpilih melalui seleksi dan tahapan pemilihan nominasi. Acara tersebut mencakup upacara penghargaan, acara alumni global, dan para penerima penghargaan diberikan kesempatan luar biasa yaitu-study tour- dan pelatihan singkat di beberapa Lembaga Penegakkan Hukum di Washington DC, Amerika Serikat. (Red).


×
Berita Terbaru Update