Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sebanyak 456 Bacaleg di Bener Meriah Mengikuti Tes Baca Al, Qur'an.

Selasa, 06 Juni 2023 | 00.07.00 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-06T07:07:22Z

BENER MERIAH-TURANGNEWS.COM -Sebanyak 145 dari 456 Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg ) DPRK Bener Meriah mengikuti uji kemampu baca Alquran sebagai syarat mengikuti tahap bacaleg peserta pemilu 2023-2029.

Masing-masing Bacaleg Tes kemampu baca Alquran tersebut diselenggarakan oleh KIP Bener Meriah  di Kantor KIP setempat, Selasa (06/06/2023).

Divisi teknis KIP Bener Meriah, Hasanah mengatakan, tes mampu baca Alquran bagi bacaleg DPRK Bener Meriah dilaksanakan selama 7 hari di mulai dari Tanggal 06 hingga sampai tanggal 12 Juni 2023 mendatang kata nya.

Selanjut nya Hasanah juga mengata kan Hari ini yang mengikuti uji mampu baca Alquran Bacaleg yang mewakili daerah pilihan 1 meliputi Kecamatan Bukit dan Wih Pesam 145 bacaleg dari 21 Partai politik peserta pemilu 2024 di Bener Meriah kata nya.

Selanjut nya, untuk pembaca,an Al,quan besok akan di lanjuti oleh bacaleg Dapil II meliputi Kecamatan Pintu Rime Gayo, Gajah Putih, dan Timang Gajah.

Dan untuk hari Kamis 8 Juni, untuk Bacaleg dapil III meliputi kecamatan Bandar, Bener Kelipah, Permata, Mesidah dan Syiah Utama.

“Kemudian tanggal 9 kembali lagi bacaleg dapil I, tanggal 10 Bacaleg dapil II, dan tanggal 11 bacaleg dapil III,” sebutnya.

Menurutnya, tes mampu baca Alquran di laksanakan sesuai dengan keputusan KPU Aceh nomor 37 tahun 2023 tentang petunjuk teknis uji mampu baca Alquran bakal calon anggota DPRA dan DPRK dari partai politik nasional dan partai politik lokal.


Untuk dewan penguji, dari unsur MPU, LPTQ dan Kemenag Bener Meriah.

Masing-masing peserta, akan di kasih waktu selama lima menit untuk membaca ayat sesuai dengan undian sebelum di tes para penguji.

“Bagi peserta di beri kesempatan 5 menit untuk mencari ayat yang telah di tentukan sesuai undian yang di cabut peserta. Kemudian setiap peserta di beri waktu lima menit membaca Alquran di hadapan penguji,”jelasnya

Hasahan mengatakan, bagi peserta yang tidak memenuhi poin minimal 50 poin  dari tiga aspek yang di nilai yakni aspek penguasaan ilmu tajwid, fashahah dan adab akan dinyatakan gugur untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Masing-masing aspek disepakati dengan bobot nilai, 40 poin untuk makhrajul huruf, 40 poin untuk harkad dan maad dan 20 poin untuk adab.

Untuk itu, peserta harus memanfaatkan waktu dan mengasah kemampuan secara maksimal di hadapan dewan penguji. Karna tes mampu baca Alquran untuk seluruh Indonesia hanya di lakukan hanya di Aceh tutup Hasanah. (Red).

×
Berita Terbaru Update