Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penasihat AWPI Kota Bekasi Beri Apresiasi dan Dukungan Pelaksanaan UKW Bersama Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Minggu, 10 Desember 2023 | 07.32.00 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-10T16:02:25Z

BEKASI-TURANGNEWS.COM - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesional insan pers, Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) yang menjalin kerjasama dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda tahun 2023 di Gedung Serbaguna, Kota Bekasi (09/12/2023).



Penasihat AWPI Kota Bekasi, Dr. H. KMS Herman, SH., MH., M.Si., CLA mengapresiasi setinggi-tingginya dan mendukung penuh pelaksanaan UKW, yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh AWPI Kota Bekasi dibawah kepemimpinan Jerry selaku Ketua,” katanya dalam keterangan tertulis melalui sambungan whatsapp kepada awak media.



“Adapun Uji Kompetensi Wartawan ini sangat penting untuk semakin meningkatkan kualitas SDM insan pers yang tergabung dalam wadah AWPI pada khususnya,” ujar Herman yang juga Dosen Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Borobudur Jakarta.



Menurutnya, UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, tegas menyatakan bahwa “Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik’, yaitu kegiatan penyiapan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu,” ucapnya.



Selain itu, Herman mengatakan Pers sebagai control sosial dalam menulis pemberitaan harus sesuai standar dan etika jurnalistik yang berlaku sehingga pemberitaan yang beredar bisa dipercaya masyarakat serta bisa meminimalisir kemungkinan resiko kesalahan dan pelanggaran etika yang mungkin saja bisa terjadi, Oleh karena itu setiap pemberitaan dan informasi yang ditulis harus akurat dan berimbang, wartawan tidak boleh memihak,” paparnya.



Masih kata Herman, ia sampaikan selamat mengikuti ujian kompetensi wartawan kepada seluruh peserta semoga sukses dan berhasil dengan baik, diiringi harapan semoga setelah lulus dalam UKW ini para wartawan, khususnya dilingkungan AWPI menjadi semakin professional, berintegritas, berkualitas dalam menulis pemberitaan serta dipercaya oleh seluruh lapisan Masyarakat di seluruh Indonesia,” tutupnya. (Tim).





×
Berita Terbaru Update