Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Melalui Polsek Sosa, Polres Padang Lawas Lakukan Rapat Koordinasi Karhutla.

Senin, 29 Juli 2024 | 09.33.00 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-29T16:33:05Z

Keterangan Photo : Polsek Sosa Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi melaksanakan Rapat Koordinasi Karhutla wilayah hukum Polsek Sosa dengan Pemerintah 6 Kecamatan.


PADANG LAWAS-TURANGNEWS.COM-
Polsek Sosa Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi melaksanakan Rapat Koordinasi Karhutla wilayah hukum Polsek Sosa dengan Pemerintah 6 Kecamatan, Polhut dan Manggala Agni, Senin (29/07/2024).


Bertempat di Aula Polsek Sosa Desa Gunung Baringin Kec. Sosa Kab. Padang Lawas yang di hadiri Polisi Kehutanan diwakili oleh KPH 7 Ramadan Manggala Agni diwakili oleh Wahyu Suwandi Sekcam Sosa Ali Nasrun Hasibuan, Camat Hutaraja Tinggi diwakili oleh Abdi Susilo, Sekcam Batang Lubu Sutam Rusdi Alwi Pasaribu, Camat Sosa Julu Muliadi Hasibuan S.Pd, Camat Sosa Timur diwakili oleh Suparman S.Pd dan  Personil Polsek Sosa dan Bhabinkamtibmas Polsek Sosa.


Adapun saran dan pendapat dari Pihak Polhut memberikan penjelasan bahwa sudah menghimbau melalui media ataupun Spanduk dan berharap agar para Camat menghimbau warganya melalui kepala Desa agar tidak membakar lahan, namun Jika masyarakat sudah di himbau tapi tetap melakukan pembakaran agar kita melakukan penindakan atau penangkapan terhadap pelaku.


Dilanjutkan dengan Camat Sosa Julu memberikan penjelasan bahwa Kawasan hutan sekarang sudah banyak dikuasai oleh perusahaan dan masyarakat dan pihak kecamatan sudah melakukan sosialisasi dan memasang spanduk untuk himbauan pelarangan pembakaran hutan dan lahan serta Warga kami sudah ada yang di Tindak secara hukum tentang pembakaran hutan dan lahan sehingga masyarakat berkurang melakukan pembakaran hutan dan lahan.


Terakhir Manggala Agni memberikan penjelasan Jika terdapat titik Hotspot di Aplikasi bukan berarti merupakan titik api atau terjadi kebakaran namun jika menemukan kebakaran hutan segera dilaporkan untuk segera ditangani sehingga tidak meluas dan yang menjadi kendala dilapangan jika terjadi kebakaran diperbukitan yang susah mendapatkan sumber air sehingga api sulit untuk dipadamkan.


Kapolres Padang Lawas AKBP Diari Astetika S.IK melalui Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi SH mengatakan kesimpulan yang di ambil Agar pihak pemerintah terkait memberikan himbauan melalui media ataupun Spanduk tentang Pelarangan membakar hutan dan lahan.


Agar Pihak Kehutanan memberikan peta yang merupakan kawasan hutan dan Non kawasan hutan,Agar pihak Kehutanan membuat Laporan kejadian ( LK ) jika terjadi kebakaran hutan di wilayah kawasan hutan dan Jika terjadi kebakaran hutan dan lahan agar pihak  pihak terkait bersama - sama turun ke lokasi kebakaran.


Kasi Humas Polres Palas Iptu Arwansyah Batubara mengatakan dalam Undang Undang Republik Indonesia No.39 Tahun 2014 tentang Perkebunan Pasal 56 ayat 1 “Setiap pelaku usaha perkebunan yang membuka lahan dan mengelola lahan dengan cara membakar diancam pidana penjara 10 Tahun dan denda 10 Milyar.


"Kami menghimbau kepada seluruh Warga Masyarakat yang berada di wilayah Hukum Polres Padang Lawas agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan perkebunan dan hutan," pungkasnya. (TIM).

Sumber : Humas Polres Palas.

×
Berita Terbaru Update