Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dampak Pemberitaan "LSM GBPU Asahan Soroti Dugaan Dana Pemeliharaan di Kebun Sei Silau," GM Distrik PTPN IV Reg 1 Asahan Stop Kerjasama Media Turangnews.com.

Jumat, 23 Agustus 2024 | 22.43.00 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-24T05:44:54Z

Keterangan Photo : Supri Agus Pemimpin Redaksi Media Online Turangnews.com (kiri-Usai Memenuhi Panggilan JP. Haloho), dan Sebelah Kanan Saat JP. Haloho Meminta Klarifikasi dari Isi Berita Turangnews.com, Jum'at (23/08/2024).



ASAHAN-TURANGNEWS.COM-
Sebagai Penggiat Sosial Kontrol, Maulana Annur atau Aan panggilan akrabnya, meminta kepada media Online turangnews.com supaya menaikkan ke pemberitaan terkait hasil investigasinya di lapangan areal Afdeling 1 PTPN IV Reg 1 Kebun Sei Silau, dan di terbitkan oleh Redaksi turangnews.com pada edisi Selasa (20/08/2024) dengan judul "GBPU ASAHAN Soroti Dugaan Dana Tunasan di PTPN IV Reg 1 Kebun Sei Silau Yang Diduga Tidak di Realisasikan."


Sebelumnya, Redaksi turangnews.com sempat bertanya kepada Ketua GBPU Asahan apakah sudah melakukan konfirmasi ke Manajer terkait temuannya, yang saat itu Aan dengan tegas menjawab, "sudah bang, kita sudah lakukan konfirmasi ke Manajemen Kebun Sei Silau, dan Manajernya berjanji akan segera merealisasikan perbaikan untuk areal yang kita laporkan, namun hingga hari ini barusan saya chek langsung ke lokasi belum juga ada tanda-tanda perbaikan, coba tolong abang naikkan dulu bang ke berita kali saja setelah diberikan ada perbaikan" jawab Aan pada hari Selasa (20/08/2024).


Maka atas dasar pertimbangan yang sudah sesuai aturan kaidah jurnalistik dengan adanya narasumber yang sudah lengkap bukti dan datanya A1 yang diduga ada unsur kelalaian dari Manajemen Perkebunan, Redaksi turangnews.com menerbitkannya ke pemberitaan dengan tujuan ada perbaikan kerja dari Manajemen Kebun Sei Silau.


Namun realisasinya, Media Online turangnews.com mendapatkan sanksi keras dari Ihsan Syawal Sinuraya selaku General Manager (GM) PTPN IV Reg 1 Distrik Asahan (DASAH), yang pada hari Kamis (22/08/2024) sekira pukul : 08.30 WIB melakukan kontak ke Redaksi turangnews.com dengan tanya jawab seperti dibawah ini :


GM : Media bapak ya, tulisnya dengan ikon ketawa sambil mengirimkan link berita turangnews.com.

Redaksi : Iyah Pak.


GM : Naik berita ya, Pak ?

Redaksi : Ketua GBPU Asahan itu yang Meminta kita naikkan terkait hasil investigasinya di lapangan, Pak.. izin.


GM : Baik, Pak, Terima kasih atas kerjasamanya.

Redaksi  : Siap pak, toh permohonan kerjasama saya bapak tolak di Kantor Distrik Asahan, pak.


GM : langsung dalam hitungan detik  menjawab dengan pesan yang diteruskan dengan kalimat, "Selamat Pagi Pak..Kebun yg berlangganan TurangNews.Com : KSDDP Rp.100, KPMDI 100, KSSIL 50, KAMBT 50, PSSIL 50, KBDSL 200 dan KHTPD 100. Petunjuk Selanjutnya, dan dilanjutkan dengan kalimat : "Ini bgmana, Pak," ucapnya dengan ikon ketawa dan ikon jari telunjuk ke atas.

Redaksi : dengan 50 ribu/bulan dengan luasan 8 Afdeling di kebun sei silau, Saya harus tutup mata dengan dugaan kesalahan kerja manajemen Pak ?

GM : Memang rumus nya gak ada , Pak.

Redaksi : tidak menjawab hanya mengirimkan link-link berita turangnews.com yang sebelumnya juga menaikkan berita-berita Sehubungan prestasi dan kegiatan di Kebun se-PTPN IV Reg 1 Wilayah Distrik Asahan.


Yang kembali direspon oleh Sang GM dengan sombongnya mengatakan, "Akibat nila setitik, rusak susu sebelanga," tulisnya dengan ikon ketawa penuh kemenangan." Dan dilanjutkan dengan kalimat, "Kami perbaiki kerja kami, bapak silahkan beritakan," tulisnya, dan Redaksi menjawab dengan kalimat, "Terimakasih pak atas kebijaksanaannya."


Selanjutnya, dihari yang sama Kamis (22/08/2024) sekira pukul : 15.30 WIB, Redaksi mendapatkan telpon dari J.P Haloho (Redaksi kurang tahu dari bagian mana pak Haloho di Distrik Asahan), tapi intinya JP. Haloho meminta Redaksi hadir ke Kantor GM Distrik Asahan ketemu dengan dirinya terkait klarifikasi pemberitaan. Sebelumnya Redaksi sudah mendapatkan informasi dari bagian APK di beberapa Kebun Unit yang berada di wilayah Distrik Asahan, yang nadanya rata-rata menginformasikan jika Kebun Unit telah di perintahkan oleh GM Distrik Asahan, Ihsan Syawal Sinuraya, untuk menyetop berlangganan atau kerjasama dengan media online turangnews.com.


Dan atas permintaan JP. Haloho, Redaksi turangnews.com memenuhi permintaannya dan hadir diruang kerjanya, Jum'at (23/08/2024) sekira pukul : 09.00 WIB, dan kehadiran Redaksi yang ditemani oleh Ketua GBPU Asahan Maulana Annur (selaku Narasumber dari berita yang di permasalahkan GM), untuk melakukan klarifikasi dari isi pemberitaan ke JP. Haloho.


"Saya disini menjalankan tugas dari pimpinan bang, untuk melakukan klarifikasi dari isi berita abang, tugas saya untuk memastikan apakah benar ini berita abang dan abang yang menulisnya," tanya JP. Haloho ke Redaksi. Yang dijawab oleh Redaksi dengan kalimat, "benar bang, itu berita kami di turangnews.com dan saya sendiri yang menulisnya, dan dasar tulisan saya bersumber dari informasi ketua GBPU Asahan yang saat ini juga saya hadirkan bang," jawab redaksi.


Mengakhiri keterangnya saat itu Supri Agus selaku Pemimpin Redaksi media online turangnews.com mengatakan, "Maka dasar pemikiran dan kritikan yang sehat sebenarnya yang kami tuangkan dalam pemberitaan bang, yang sebelumnya kami duga tidak ada respon yang positif dari Manajemen atas konfirmasi yang disampaikan oleh para pelaku Sosial Kontrol, namun jika menurut sang GM atas dasar uang yang sebesar Rp. 50 ribu kami harus tutup mata-tutup mulut-dan jari tidak boleh mengkritik untuk sebuah kebaikan dan perubahan, enggak apa-apa lah bang, toh bukan gara-gara uang 50 ribu kami itu jadi miskin dan kaya," sebutnya.


Selanjutnya, Maulana Annur selaku ketua GBPU Asahan saat dimintai pendapatnya oleh wartawan, terkait tindakan Ihsan Syawal Sinuraya selaku GM Distrik Asahan mengatakan, "tindakan sang GM jelas tindakan yang menghalang-halangi Kinerja Pers, dan diduga sengaja menyembunyikan kebobrokan kinerjanya, ini hari turangnews.com, bisa kemungkinan besok atau lusa adalagi Afdeling di kebun yang berada di Wilayah Distrik Asahan yang diberitakan oleh wartawan terkait dugaan ketidakberesan areal dilapangan, sang GM juga akan mengambil tindakan yang sama dengan melakukan tindakan STOP kerjasamanya, apakah ini tindakan yang benar ? Apakah tidak sebaiknya hasil dari pemberitaan itu di jadikan kritikan untuk perbaikan ?" Pungkasnya. (ZA).


Bersambung,,,,,,,,,,,,,,,

×
Berita Terbaru Update