Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Simalungun Perkuat Sinergitas TNI-Polri, Hadiri Rapat Mini Loka Karya Penurunan Angka Stunting di Kecamatan Tapian Dolok.

Rabu, 18 September 2024 | 22.02.00 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-19T05:02:22Z

Keterangan Photo : Polsek Serbalawan bersama dengan Koramil Serbalawan kembali menunjukkan sinergitas yang kuat dalam menjaga keamanan dan mendukung program pembangunan.


SIMALUNGUN-TURANGNEWS.COM-Polsek Serbalawan bersama dengan Koramil Serbalawan kembali menunjukkan sinergitas yang kuat dalam menjaga keamanan dan mendukung program pembangunan di wilayah Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. Hal ini terlihat dalam kehadiran Bhabinkamtibmas Polsek Serbalawan, Aiptu JP Napitupulu, bersama dengan personel Koramil Serbalawan pada kegiatan Rapat Mini Loka Karya Penurunan Angka Stunting yang diselenggarakan di Kantor Keluarga Berencana (KB) Tapian Dolok, Nagori Purba Sari, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Rabu (18/09/2024).


Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait yang memiliki peran penting dalam penanganan dan penurunan angka stunting di wilayah tersebut. Kapolsek Serbalawan, AKP Syamsul Bahri Dalimunthe, S.H., M.H., menyatakan bahwa kehadiran Polsek dan Koramil dalam kegiatan ini adalah bukti nyata sinergitas TNI dan Polri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta mendukung program-program pemerintah, khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “TNI-Polri selalu bersinergi dalam berbagai aspek, termasuk dalam mendukung program-program pemerintah seperti penurunan angka stunting. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk menjaga keutuhan dan keamanan NKRI, terutama di wilayah hukum Polsek Serbalawan,” ujar AKP Syamsul Bahri Dalimunthe.


Dalam kegiatan tersebut, Aiptu JP Napitupulu bersama personel Koramil, Sertu R. Siregar dan Kopda Samsul Bahri Dongoran, menghadiri undangan dari KUPTD KB Kecamatan Tapian Dolok, Ibu Paulina, untuk membahas strategi penurunan angka stunting di Kecamatan Tapian Dolok. Rapat ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Tapian Dolok yang diwakili oleh Sekcam, Bapak Hengky Sitanggang, serta perwakilan dari BKKBN Sumatera Utara, bidan desa, dan kader kesehatan setempat.


Selama rapat, Bhabinkamtibmas Aiptu JP Napitupulu tidak hanya mendengarkan diskusi seputar program penurunan stunting, tetapi juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para peserta rapat. Aiptu Napitupulu mengingatkan seluruh pihak yang hadir, termasuk lurah dan pangulu nagori, untuk tetap waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing. Ia juga mendorong agar setiap nagori dan kelurahan membentuk Poskamling (Pos Keamanan Lingkungan) guna mengantisipasi tindak pidana dan menjaga keamanan lingkungan.


“Kami menghimbau kepada seluruh perangkat desa, baik lurah maupun pangulu, untuk segera membentuk Poskamling di wilayah masing-masing. Dengan adanya Poskamling, kita bisa lebih cepat mengantisipasi tindak pidana dan gangguan keamanan lainnya. Kami juga berharap masyarakat dapat lebih aktif melapor jika menemukan hal-hal yang mencurigakan,”tegas Aiptu Napitupulu.


Fokus Penurunan Angka Stunting  Rapat Mini Loka Karya yang digelar bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah kesehatan yang mempengaruhi pertumbuhan anak-anak di Kecamatan Tapian Dolok, terutama stunting. Stunting adalah kondisi di mana anak-anak mengalami gangguan pertumbuhan yang mengakibatkan tinggi badan mereka lebih pendek dibandingkan anak seusianya akibat kekurangan gizi kronis. Masalah ini menjadi perhatian serius pemerintah, termasuk di wilayah Kabupaten Simalungun.


Dalam diskusi, para peserta rapat, termasuk bidan desa dan kader kesehatan, membahas langkah-langkah strategis yang akan diambil untuk menekan angka stunting. Beberapa program yang direncanakan mencakup peningkatan penyuluhan gizi kepada ibu-ibu hamil, peningkatan akses layanan kesehatan bagi anak-anak dan ibu hamil, serta dukungan dari berbagai pihak untuk mengatasi kendala infrastruktur yang mempengaruhi akses terhadap layanan kesehatan.  


Hasil dari Rapat Mini Loka Karya ini menunjukkan bahwa seluruh pihak yang hadir sepakat untuk memperkuat koordinasi antar lembaga dan masyarakat dalam upaya menurunkan angka stunting. Salah satu kesimpulan penting dari rapat ini adalah perlunya meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya pemenuhan gizi bagi ibu hamil dan anak-anak balita, serta pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyakit.


Selain itu, Bhabinkamtibmas dan Koramil yang hadir dalam rapat juga memastikan bahwa situasi rapat berjalan dengan aman dan kondusif. Kehadiran mereka memberikan rasa aman kepada para peserta rapat, sekaligus memperkuat komitmen TNI-Polri dalam mendukung program-program sosial di wilayah tersebut.


Sinergi yang ditunjukkan oleh Polsek Serbalawan dan Koramil Serbalawan dalam kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan TNI-Polri terhadap program-program pemerintah. Sertu R. Siregar, yang mewakili Danramil Serbalawan, menyatakan bahwa TNI akan terus mendukung segala upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam program penurunan angka stunting.


“TNI bersama Polri selalu siap untuk mendukung setiap program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam penurunan angka stunting, kami siap membantu dari sisi keamanan maupun penyuluhan di masyarakat agar program ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Sertu Siregar. 


Rapat Mini Loka Karya Penurunan Angka Stunting di Kecamatan Tapian Dolok berjalan dengan aman dan lancar. Situasi rapat berlangsung kondusif dan para peserta dapat memahami langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi masalah stunting di wilayah mereka. Cuaca cerah pada hari itu juga mendukung kelancaran kegiatan.


Dengan adanya sinergitas TNI-Polri yang kuat, diharapkan program-program pemerintah, khususnya dalam penurunan angka stunting, dapat berjalan lebih efektif dan membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya di Kecamatan Tapian Dolok. (FP).

×
Berita Terbaru Update