Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Berita Hoaks di Pilkada Serentak, Bawaslu Asahan Lakukan Sosialisasi Pengawas Pemilihan Serta Peran Media Jurnalis.

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 20.43.00 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-06T03:43:50Z

Keterangan Photo : Peserta Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serta Peran Media Jurnalis Photo Bersama Dengan Personil Bawaslu Asahan.



ASAHAN-TURANGNEWS.COM-
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Asahan menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serta Peran Media Jurnalis Dalam Pencegahan Berita Hoaks Pada Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, bertempat di Hotel Marina, Jalan Sisingamangaraja, Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (05/10/2024).


Bawaslu Asahan menghadirkan Narasumber yakni Plt Kadis Kominfo Asahan Arbin A Tanjung, Truly Okto Hasudungan Purba dari Editor Tribun Medan dan Gulfeno Guevarato dari Seknas Fitra.


Dalam sambutan Ketua Bawaslu Asahan Paringgonan Siregar yang disampaikan Cristina Sitorus selaku Kordiv Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, bahwa tujuan perlunya diskusi bersama rekan-rekan media dalam mengawal pilkada serentak 2024, press memiliki peran penting dalam pencengahan berita hoaks.


"Press diharapkan dapat menjadi gerbang pertama untuk mencegah  serta dapat membangun koordinasi atau hubungan antara Bawaslu kepada masyarakat dalam menyampaikan pesan yang berkaitan dengan Bawaslu Kabupaten Asahan dalam melakukan pengawasan tahapan penyelenggaraan pilkada 2024", ucap Cristina Sitorus.


Disamping itu, kata Cristina Sitorus, Bawaslu membutuhkan media sosial agar dapat secara maksimal menjalankan mandat yang diberikan undang-undang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya mencegah pelanggaran Pemilu dan sengketa proses Pemilu.


"Kerja pengawasan yang baik tidak ada manfaatnya jika tidak ada pemberitaan yang dilakukan oleh media atau pun Bawaslu secara kelembagaan. Dan pentingnya media dalam memberitakan kerja bawaslu mulai dari pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran maupun penyelesaian sengketa proses", ujar Cristina Sitorus.


Cristina Sitorus berharap, tanpa pemberitaan yang baik yang dilakukan oleh rekan-rekan media, yang memiliki media website dan media-media online lainnya sulit untuk diketahui secara umum oleh masyarakat bahwa bawaslu itu bekerja.


“Kepada seluruh jajaran pengawas pemilu dan media, baik itu online, cetak dan televisi serta radio untuk dapat bekerja sama mensukseskan Pilkada serentak pada 27 Nopember 2024 yang akan datang", ungkapnya.


Kegiatan Sosialisasi dihadiri para Media Online, media cetak, TV, Radio, serta Organisasi Wartawan seperti IWO, PWI, SMSI, IJTI serta IWO-I dan pemberian penghargaan kepada nara sumber. (***)

×
Berita Terbaru Update