Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


 

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masyarakat Desa Ujung Batu Huragi Protes Listrik Sering Padam, Polsek Sosa Bantu Mediasi Dengan Pihak PLN ULP Sibuhuan.

Selasa, 15 Oktober 2024 | 06.30.00 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-15T13:30:39Z

Keterangan Photo : Usai Polsek Sosa Bantu Warga Desa Ujungbatu Mediasikan ke Pihak PLN Terkait Mati Lampu, Dilanjutkan dengan Photo Bersama.


PADANG PALAS-TURANGNEWS.COM-
Kepolisian Sektor Sosa, Jajaran Kepolisian Resor Padang Lawas (Polsek Sosa Polres Palas) membantu memediasi permasalahan antara masyarakat Desa Ujungbatu I, II, III, IV, dan V, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) Kabupaten Palas dengan pihak PLN Cabang Sibuhuan, Kabupaten Palas, protes terkait akibat seringnya mati lampu listrik diwilayah Desa Ujung Batu


Mediasi permasalahan antara Masyarakat Desa Ujung batu dengan Pihak PLN Cabang Sibuhuan ini dilaksanakan di Aula Mapolsek Sosa, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas Senin. (14/10/2024) yang dimulai sekira pukul 12.30 WIB sampai dengan selesai.


Hadir dalam mediasi tersebut Plt Camat Huragi Lanri Pardomuan, S.STP. Kapolsek Sosa Iptu Mulyadi, SH., Pihak PLN ULP Sibuhuan yang diketuai oleh Kadis Pendistribusian Jaringan Bambang Harzito Amri bersama team, Kepala Desa Ujungbatu III Kecamatan Huragi, Indra Sigit., Staff Pemerintah Kecamatan Huragi, Staff Pemerintah Desa Ujungbatu III,  Kecamatan Huragi dan Masyarakat Desa Ujungbatu III.


Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, SIK., melalui Kapolsek Sosa, Iptu Mulyadi, SH, kepada awak media menjelaskan Mediasi yang dilaksanakan tersebut di dasari timbulnya permasalahan yang di alami oleh masyarakat di wilayah Desa Ujungbatu I, II, III, IV dan V Kecamatan Huragi, akibat seringnya lampu padam hingga menyebabkan kerugian materil dialami masyarakat dan terganggunya aktifitas masyarakat. 


"Hingga timbulnya niat oleh masyarakat untuk mendatangi secara beramai-ramai ke kantor PLN ULP Cabang Sibuhuan", oleh karena Kapolsek Sosa memberi himbauan kepada masyarakat untuk menahan diri dan bersama - sama pemerintah Desa nya untuk duduk bersama dulu dengan pihak PLN Cabang Sibuhuan yang akan di Mediasi dan Fasilitasi oleh Polsek Sosa bersama Muspika Kecamatan Huragi"  Ujar Iptu Mulyadi.


Dalam mediasi dimaksud, Kepala Desa Ujungbatu III, Kecamatan Huragi, Indra Sigit menyampaikan beberapa hal diantaranya, Bahwa dalam satu bulan ini di wilayah Kecamatan Huragi khususnya Desa Ujungbatu I, II, III, IV dan V sangat sering kali terjadi lampu padam. Dampak dari padamnya lampu tersebut menimbulkan kerugian yang signifikan di alami masyarakat terutama para pelaku Usaha Kecil Mandiri (UKM) serta terganggunya aktifitas masyarakat. Padamnya lampu dimaksud tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak PLN Cabang Sibuhuan.


"Saat ini di wilayah Desa Ujungbatu I, II, III, IV dan V Kecamatan Huragi, masyarakat terutama para ibu - ibu sudah sangat resah dan mendesak pemerintah desa masing - masing untuk mempertanyakan penyebabnya sebelum masyarakat yang akan mengambil sikap". Ucap kades Ujung batu mewakili masyarakatnya.


Sementara itu, Pihak PLN ULP Cabang Sibuhuan yang diwakili oleh Kadis Pendistribusian Jaringan Bambang Harzito Amri bersama team, menyampaikan Penyebab seringnya lampu padam di wilayah Kecamatan Huragi saat ini adalah faktor cuaca, gangguan alam dan hewan serta saat ini pihak PLN sedang memperbaharui komponen dan pemeliharaan jaringan.


Mewakili PLN ULP Cabang Sibuhuan menyampaikan permintaan maaf kepada Pemerintah Kecamatan, Pemerintahan Desa dan seluruh lapisan masyarakat dari terjadinya pemadaman lampu tersebut. Ke depannya pihak PLN akan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Desa dan akan membuat pemberitahuan sebelum pemadaman". Sebut Bambang Harzito Amri.


Lanjutnya, Gangguan yang terjadi terhadap jaringan PLN di temukan dilapangan paling sering disebabkan oleh hewan seperti kera dan burung hantu, saat ini pihak PLN sudah membuat solusi penangkal terhadap gangguan hewan tersebut. Kendala yang masih dihadapi saat ini bahwa jaringan PLN masih menyambung dari wilayah Sibuhuan - Batang Lubu Sutam - Hutaraja Tinggi - Sosa Timur, yang mana bila terjadi gangguan di salah satu wilayah maka berdampak ke semua wilayah.


Kendala lain saat ini juga bahwa masih ada masyarakat yang tidak memperbolehkan tanamannya dibersihkan oleh pihak PLN yang mengganggu kabel jaringan PLN.


Bilamana terjadi gangguan di pangkal maka otomatis seluruh jaringan di cabang akan terganggu, namun bilamana terjadi gangguan di cabang maka pihak PLN segera menghandle guna bagian di wilayah pangkal tidak padam". Terang Bambang Harzito Amri mewakili PLN ULP Cabang Sibuhuan.


Disamping itu selanjutnya Kasi Humas Polres Palas, Iptu Arwansyah Batubara mengatakan hasil dari mediasi antara masyarakat desa ujung III  bersama PLN ULP Cabang Sibuhuan, di dapatkan solusi  penyelesaian Terjadinya Lampu Padam di wilayah Kabupaten Palas umumnya dan wilayah Kecamatan Huragi di sebabkan oleh, Adanya kegiatan pemeliharaan system jaringan oleh pihak PLN. Terjadinya gangguan jaringan yang disebabkan oleh faktor alam maupun hewan.


Progres ke depannya pihak PLN ULP Cabang Sibuhuan untuk semakin meningkatkan Mutu Kelistrikannya. Pihak PLN akan menyampaikan informasi yang kongkrit dan real kepada masyarakat bilamana terjadi gangguan kelistrikan maupun ada masa pemeliharaan jaringan.


"Pihak PLN ULP Cabang Sibuhuan akan membuat group WA dengan mengikut sertakan Muspika Kecamatan, Pemerintah Desa serta masyarakat, sehingga dalam grop WA tersebut dapat dilakukan koordinasi dan informasi perihal gangguan jaringan maupun pemeliharaan jaringan PLN di wilayah Kabupaten Palas dan Pada pukul 14.00 Wib Mediasi selesai dilaksanakan dengan situasi aman, lancar dan kondusif". Pungkas Kasi Humas Polres Palas, Iptu Arwansyah Batubara. (TIM).


×
Berita Terbaru Update